Wednesday, November 24, 2010

analisis swot, boston, INDOMILK



I.

PENDAHULUAN

PT Indolakto yang merupakan salah satu anak perusahaan PT Indofood Sukses Makmur Tbk yang diakuisisi sejak 2008 berawal dari nama PT. Australia Indonesian Milk Industries (PT. INDOMILK).

PT. INDOMILK ini didirikan pada tahun 1967 sebagai perwujudan penanaman modal asing dan pelopor dalam pembuatan susu yaitu susu kental manis secara modern di Indonesia.

Bersama dengan 200 karyawan, pengembangan produk dan usaha terus dilakukan hingga diluncurkan produk lainnya seperti:

· susu pasteurisasi merk INDOMILK pada tahun 1970 ,

· produk mentega dengan merk ORCHID BUTTER dan untuk merk Golden Churn pada tahun 1971,

· produk es krim untuk merk Peter Ice Cream pada tahun 1972,

· serta susu bubuk INDOMILK yang diproduksi dengan sistem toll manufacturing pada tahun 1985.

· Pada tahun 1986 PT. INDOMILK memperoleh status PMDN (Penanaman Modal Dalam Negeri) setelah terjadinya alih teknologi dan permodalan. Produk berikutnya yang diluncurkan setelah perubahan status ini adalah susu kental manis CAP ENAAK.

Tahun 1988 susu kental manis produksi INDOMILK telah diimpor oleh berbagai negara seperti Malaysia, Singapura, Bangladesh, Vietnam, Myanmar, Taiwan, Timur Tengah, Afrika dan Amerika Latin.

II.

PEMBAHASAN

Di bawah ini merupakan jenis-jenis susu yang diproduksi oleh INDOMILK, antara lain:

© SUSU CAIR

Susu cair steril INDOMILK adalah susu steril siap minum dan dikemas dalam botol plastik transparan yang kedap udara. Diformulasikan sesuai untuk anak dalam usia pertumbuhan 3 - 12 tahun. Produk ini memiliki kandungan nutrisi yang penting bagi kesehatan tulang , yaitu Triple Bone Care (Kalsium, Fosfor dan Vitamin D) dan Kolin. Para ahli di INDOMILK membuat beraneka rasa susu cair steril dengan aroma dan rasa yang begitu nikmat, tanpa kesan eneg setelah minum susu. Keunggulan susu cair steril INDOMILK adalah sistem pengawetan yang alamiah tanpa bahan pengawet sintetis, tepatnya dengan menggunakan pemanasan suhu tinggi untuk membunuh mikroorganisme yang ada dalam susu.

© SUSU SEGAR (PLM)

Susu segar Indomilk terdiri dari 2 kategori pilihan yaitu Full Cream dan coklat yang cocok bagi seluruh anggota keluarga & Non Fat bagi anda yang peduli dengan bentuk tubuh atau memiliki kendala kesehatan.

Keunikan susu segar Non Fat Indomilk karena produk ini juga diperkaya dengan serat pangan Oligofruktosa yang dapat meningkatkan penyerapan kalsium, menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh serta menyehatkan saluran pencernaan anda.

© SUSU KOTAK (UHT)

Susu kotak Ultra High Temperature (UHT) adalah hasil teknologi pengolahan susu dengan proses sterilisasi metode HTST (High Temperature Short Time). Pada proses ini produk disterilisasikan dengan pemanasan hingga mencapai suhu 140 - 145 ˚C selama 4 detik. Proses ini membunuh mikro organisme dalam susu sehingga aman untuk dikonsumsi. Produk pun menjadi awet dan tahan lama disimpan di suhu ruang, meskipun tanpa bahan pengawet.

1. Susu Kotak Indomilk (UHT)

Lengkapi asupan gizi dengan susu untuk seluruh keluarga sehat Anda. Susu UHT Indomilk diperkaya oleh antioksidan, prebiotik dan kandungan kalsium tinggi, untuk menjaga kesehatan tubuh serta menjaga kepadatan tulang dan gigi. Hadir dalam 3 pilihan rasa - Vanilla, Strawberry dan Coklat dengan kemasan karton 200 ml. Sedangkan untuk ukuran 1000 ml pilihan rasa yang ada adalah Plain dan Coklat.

2. Susu Kotak Indomilk Kids (UHT)

Hadir dengan berbagai rasa yang lezat, si kecil pasti jadi doyan minum susu. Susu Indomilk UHT Kids sangat kaya akan Karotenoid, Prebiotik, Kalsium Tinggi, serta Yodium untuk membantu masa pertumbuhan si kecil. Tersedia dalam pilihan rasa Choco (Coklat), Strawberry, dan Vanilla dengan kemasan kotak 125 ml.

© SUSU KENTAL MANIS

Susu kental manis adalah jenis susu yang dibuat dari susu sapi perah yang bergizi ditambah gula murni, dihomogenisasi, kemudian diperkaya dengan vitamin-vitamin. Dengan sistem pengolahan yang modern, ditambah gula dan pengurangan kandungan air, susu kental manis tahan lebih lama dibanding jenis susu lainnya, tepatnya selama 12 bulan.

SKM Cap Enaak hadir dengan kekuatan rasa yang khas. Enak tapi tidak eneg, ciri yang membedakan Cap Enaak dengan susu kental manis lainnya adalah rasanya yang tidak membuat eneg sehingga sangat disukai anak-anak maupun orang dewasa.

© SUSU BUBUK INDOMILK OMEGA-3

Banyak ahli menyarankan akan pentingnya asupan OMEGA 3 sebagai asupan bermanfaat bagi pertumbuhan sel otak anak serta mengurangi kolesterol dalam darah. Karenanya INDOMILK dengan OMEGA 3 hadir untuk berikan susu dengan manfaat gizi lengkap. Dibuat dari 100% susu segar pilihan, INDOMILK dengan OMEGA 3 juga diperkaya dengan 15 vitamin, 11 mineral serta DHA dan EPA. Dengan 3 pilihan rasa: Full Cream, Instan dan Coklat, INDOMILK dengan OMEGA 3, cocok untuk anak-anak dan dewasa.

Analisis SWOT

STRENGHT (KEKUATAN)

Keunggulan susu INDOMILK adalah sistem pengawetan yang alamiah tanpa bahan pengawet sintetis, tepatnya dengan menggunakan pemanasan suhu tinggi untuk membunuh mikroorganisme yang ada dalam susu

Disamping memiliki kandungan nutrisi yang tinggi, susu INDOMILK juga memiliki rasa yang sangat disukai oleh anak-anak dan seluruh keluarga

Terbuat asli dari susu sapi segar dan bahan-bahan alami

Dengan nutrisi yang tinggi dan tanpa bahan pengawet, susu INDOMILK mematok harganya yang lebih terjangkau dibandingkan dengan produk sejenisnya, Sehingga masyaratakat tidak terlalu merasa keberatan untuk membelinya.

WEAKNESS (KELEMAHAN)

© Banyak konsumen yang sudah mencoba susu INDOMILK, mereka bilang rasa dari susu INDOMILK kurang enak bila dibandingkan dengan produk sejenisnya seperti Ultramilk dan Bendera.

© Susu Indomilk banyak jenisnya namun promosinya kurang bila dibandingkan dengan produk susu sejenisnya.

OPPURTUNITIES (PELUANG)

Ø Susu INDOMILK diproduksi dengan berbagai macam kemasan dan rasa sehingga memungkinkan untuk dapat berkembang apabila pemasarannya merata.

Ø Susu INDOMLK menyediakan produk susu yang khusus untuk anak-anak dan orang dewasa, sehingga semua kalangan dapat meminumnya.

THREATS (ANCAMAN)

ü Harga yang terjangkau membuat masyarakat lebih memilih susu yang lebih mahal dan sudah popular merknya.

ü Karena banyak produk yang diproduksi oleh INDOMILK baik dari kemasan maupun rasa, membuat produk INDOMILK dicontek oleh produk sejenisnya baik kemasan maupun rasanya.

Analisis melalui model Buston Consulting Group

Tanda Tanya: INDOMILK didirikan pada tahun 1967 sebagai perwujudan penanaman modal asing dan pelopor dalam pembuatan susu yaitu susu kental manis yang modern di Indonesia. Tahun 1988 susu kental amnis produksi INDOMILK telah diekspor ke berbagai Negara, hingga tahun 2008 Indomilk Dairy Group telah menaungi beberapa anak perusahaan. Anak-anak perusahaan tersebut maish butuh eksistensi di pasaran agar tetap bertahan dan masyarakat tetap percaya dengan produk-produk INDOMILK.

Bintang: untuk memperkuat sinergi dalam badan perusahaan, maka pada bulan April 2008 dilakukan merger terhadap PT. Australia Indonesian Milk Industries (PT. INDOMILK), PT. Indomurni Dairy Industries, PT. Ultrindo, PT. INDOLAKTO dan PT. Indoeskrim ke dalam satu paying usaha, yaitu PT. INDOLAKTO

Sapi Perah: saat ini produk-produk INDOMILK selain dipasarkan di Indonesia juga sudah di ekspor ke Singapura, Kamboja, Brunei Darussalam, Philipina, Hongkong, Taiwan, Jepang, Korea, Fiji, Nauru, Tonga, Solomon, Samoa, Vanuatu, Papua Nugini, New Zealand, Timor Leste, Cameroon, Malawi, Maladewa. Dari sini dapat dianalisis bahwa produk-produk INDOMILK tidak hanya diminati di Indonesia melainkan di beberapa Negara. Maka perusahaan tempat INDOMILK bernaung hanya tinggal menunggu laba dari hasil penjualan produk-produk INDOMILK tersebut.

Anjing: apabila konsumen sudah bosan dengan susu yang diproduksi oleh INDOMILK, maka perusahaan harus dapat memperbarui kualitas dari susu indomilk, agar konsumen tidak pindah ke produk yang lain, bisa saja diakuisisi atau melakukan merger kembali seperti yang terjadi pada tahun 2008.

Pertumbuhan yang Dilakukan

Produk susu INDOMILK melakukan pertumbuhan intensif (Ansoff)

Susu INDOMILK hanya memproduksi susu baik dalam bentuk bubuk, cair, kental manis dan lain sebagainya, serta dalam berbagai varian. INDOMILK pada awalnya merupakan industry hilir yang mengolah bahan baku susu dari PT. Tirta Amerta Agung (TAA) namun PT. Tirta Amerta Agung sekarang sudah mengalami kebangkrutan.

REFERENSI

www.indofood.com

http://www.indomilk.com/detailkilas.asp?id=1

http://www.indofood.com/indomilk/page.aspx?id=91

http://digilib.petra.ac.id/viewer.php?page=3&submit.x=24&submit.y=19&submit=next&qual=high&submitval=next&fname=/jiunkpe/s1/eman/2003/jiunkpe-ns-s1-2003-31499157-2894-ekuitas_merek-chapter1.pdf

http://digilib.its.ac.id/detil.php?id=3113

http://deoon.blogspot.com/2009/03/susu-indomilk.html

http://www.iasa-pusat.org/latest/agribisnis-sapi-perah-di-indonesia-tinjauan-umum.html

No comments:

Post a Comment